Istilah klitikan (klithikan) dalam Bahasa Indonesia berarti barang bekas. Seperti namanya — Pasar Klitikan Pakuncen Yogyakarta — sebagai pusat jual-beli barang bekas atau seken (second hand), terletak di Jl HOS Cokroaminoto 34 Pakuncen, Yogyakarta.

pasar-klitikan-pakuncen

Para pedagang di pasar ini menjual bermacam-macam dagangan seperti onderdil kendaraan, peralatan elektronik, alat pertukangan, buku, pakaian, bahkan ponsel pun dijajakan di sini. Tak melulu barang bekas, beberapa diantaranya juga menjual barang “baru”.

Pasar Klitikan Pakuncen mewarnai perekonomian Kota Yogya sejak 11 November 2007, tergolong masih baru. Pasar ini dibangun untuk merelokasi (menata) para pedagang klitikan yang sebelumnya berjualan di trotoar Jalan Mangkubumi, Jalan Asemgede dan Alun-alun Kidul Kraton Yogya.

Salah satu pedagang dipasar Klitikan Yogyakarta

Dalam proses relokasi ke Pasar Klitikan ini, para pedagang yang sebelumnya berjualan di ketiga lokasi tersebut sempat khawatir bila nantinya akan sepi pengunjung. Namun, bisnis barang klitikan memiliki konsumen yang loyal, meski lokasi berpindah pengunjung tetap berdatangan setiap harinya dari pagi hingga sekitar pukul 21.00 malam.

Antusias masyarakat untuk mengunjungi Pasar Klitikan Pakuncen cukup tinggi. Hal ini tak lepas dari upaya Pemkot Yogya yang menyediakan hadiah menarik bagi pembeli di Pasar Klitikan Pakuncen.

los-pasar-klitikan-pakuncen

Pasare Anyar, Rejekine Lancar — seperti yang tertera pada sign system dibeberapa sudut Pasar Klitikan Pankuncen. Pasarnya baru, tentu saja bangunannya baru sehingga lingkungan pasar masih bersih, tak ada kesan kumuh. Fasilitas cukup memadai, toilet, tempat pakir luas meski pada malam hari libur meluap hingga ke pinggir jalan dan bila anda ingin melepas lelah di ujung timur tersedia los makanan.

Rejeki para pedagang Pasar Klitikan semoga makin lancar. Kini pengunjung pasar klitikan makin ramai, tak hanya para pelanggan lama tapi dari berbagai lapisan masyarakat juga menyempatkan untuk mampir.

Sebagai tambahan informasi, Pasar Klitikan Pakuncen ini dibangun di atas lahan eks Pasar Hewan Pakuncen, kini pedagang hewan direlokasi ke Pasar Hewan Gamping, Sleman.

Sumber:

http://forum.vivanews.com/yogyakarta/30094-pasar-klitikan-pusat-jual-beli-barang-bekas-second.html

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s