Gua Cerme adalah gua peninggalan sejarah yang terletak di dusun Srunggo, SelopamioroImogiriBantul atau sekitar 20 km selatan Yogyakarta. Gua Cerme memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga sendang di wilayah Panggang, desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunungkidul. Di samping gua Cerme, disekitarnya terdapat gua lain yang lebih kecil seperti goa Dalang, goa Ledek, goa Badut dan goa Kaum yang sering digunakan untuk bersemedi. Untuk mencapai gua, terdapat tangga setinggi 759 m. Kata cerme berasal dari kataceramah yang mengisyaratkan pembicaraan yang dilakukan walisongo. Gua Cerme dulunya digunakan oleh para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Selain itu, gua Cerme juga digunakan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak. Setiap Senin atau Selasa wage, selalu diadakan upacara syukuran untuk meminta berkah kepada Tuhan.

Keindahan Gua Cerme

Goa ini termasuk goa yang panjang dan dalam. Daya tarik utama wisatawan dari Goa Cerme adalah keindahan stalagtit dan stalagmit serta adanya sungai bawah tanah dan banyaknya kelelawar di dalam gua. Lantai goa digenangi oleh air tanah dengan rata rata kedalaman air sekitar 1 hingga 1,5 meter. Goa ini terdiri dari banyak ruangan, seperti panggung pertemuan, air zam zam, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan / paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa dan watu gantung.

Harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp3.250 per orang. Beberapa langkah dari loket tiket, Anda langsung dapat menimati sejuknya udara dengan pemandangan jejeran pohon yang menjulang tinggi. Sedangkan pemandangan dari sisi utara, Anda dapat melihat keindahan Kabupaten Bantul dan Kota Jogja dari ketinggian. Wisatawan yang ingin menelusuri Gua Cerme harus didampingi pemandu. Biaya pemandu dengan rombongan di atas 15 orang adalah Rp20.000 per orang. Bila kurang dari 15 orang biaya Rp30.000 per orang. Untuk sewa senter Rp5.000 per orang.

Di obyek wisata alam Gua Cerme terdapat beberapa Gua lain yang lebih kecil seperti Gua Dalang, Gua Ledek, Gua Badut dan Gua Kaum yang banyak digunakan orang untuk bersemedi.

Keindahan Gua Cerme yang Penuh Misteri

Pemandangan penuh sesajen sangatlah tidak asing bila berada di dalam Gua Cerme. Bermodalkan dua buah lampu senter, kami nekat memasuki gua ini. Sesampainya di dasargua, kita dihadapkan pada sungai yang pasti dilewati sepanjang perjalanan dengan ketinggian lebih dari pinggang orang dewasa.

Setelah ngobrol-ngobrol sama Bapak pemandu, panjang dari gua ini sekitar 1200 meter. Selama perjalanan, kami mendapatkan pemandangan yang sangat indah. Bentuk-bentuk batuannya banyak yang menyerupai payung atau lebih tepatnya seperti jamur. Mungkin butuh berjuta-juta tahun untuk membentuk batu seindah itu.

Panorama Gua Cerme

Di sinilah kebersamaan dan kesetiakawanan kami diuji. Karena minimnya pencahayaan, kami berulang kali tersandung dan terbentur dinding gua. Sehingga mengharuskan kami untuk saling berpegangan tangan dan saling menjaga satu sama lain. Sesampainya di tengah-tengah perjalanan, masih banyak dijumpai sesajen-sesajen yang entah siapa yang meletakkannya. Katanya di dalam Gua itu sering ada yang bersemedi, hanya saja karena gelap sehingga kita tak dapat melihatnya.

goa cerme

Sungai di Gua Cerme

Setelah hampir 2 jam terendam di dalam sungai, sampailah kita pada air terjun kecil yang harus kita lewati. Di atas air terjun itu, kami melihat cahaya dan itu sebagai pertanda akhir perjalanan di Gua Cerme. Seperti orang yang menghirup udara kebebasan, kami langsung teriak-teriak kegirangan. Bayangkan saja, terendam di dalam air tanpa cahaya matahari selam 2 jam, pengalaman yang sangat mendebarkan.


Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Gua_Cerme

http://travel.detik.com/read/2012/01/18/012917/1818328/1025/4/mantap-menyusuri-sungai-di-bawah-gua-cerme#topart

http://www.harianjogja.com/2012/lifestyle/wisata/gua-cerme-nan-tenang-156053

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s